Saat Anda mengalami menopause, Anda mungkin memperhatikan bahwa libido Anda, atau dorongan seks, berubah. Beberapa wanita mungkin mengalami peningkatan libido, sementara yang lain mengalami penurunan. Tidak semua wanita mengalami penurunan libido ini, meskipun sangat umum terjadi. Dalam kebanyakan kasus, libido yang lebih rendah selama menopause disebabkan oleh penurunan kadar hormon.

Penurunan kadar hormon ini dapat menyebabkan kekeringan dan sesak pada vagina, yang dapat menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks. Gejala menopause juga bisa membuat Anda kurang tertarik pada seks. Gejala-gejala ini termasuk:

  • depresi
  • perubahan suasana hati
  • penambahan berat badan
  • hot flashes

Jika Anda mengalami penurunan libido, Anda dapat mencoba meningkatkan gairah seks Anda dengan perubahan gaya hidup atau alat bantu seks, seperti pelumas. Jika pengobatan di rumah tidak membantu, dokter Anda dapat membantu Anda menemukan perawatan yang tepat.

Menopause dan Libido

Menopause dapat mempengaruhi libido secara negatif dalam beberapa cara. Selama menopause, kadar testosteron dan estrogen Anda menurun, yang mungkin membuat Anda lebih sulit untuk terangsang.

Penurunan estrogen juga dapat menyebabkan kekeringan pada vagina. Tingkat estrogen yang lebih rendah menyebabkan penurunan suplai darah di vagina, yang kemudian dapat mempengaruhi pelumasan vagina secara negatif. Ini juga dapat menyebabkan penipisan dinding vagina, yang dikenal sebagai atrofi vagina. Kekeringan dan atrofi vagina sering menyebabkan ketidaknyamanan saat berhubungan seks.

Perubahan fisik lainnya selama menopause juga dapat memengaruhi libido Anda. Misalnya, banyak wanita yang mengalami kenaikan berat badan selama menopause, dan ketidaknyamanan dengan tubuh baru Anda dapat menurunkan keinginan Anda untuk berhubungan seks. Hot flashes dan keringat malam juga merupakan gejala umum. Gejala-gejala ini dapat membuat Anda merasa terlalu lelah untuk berhubungan seks. Gejala lain termasuk gejala suasana hati, seperti depresi dan lekas marah, yang dapat membuat Anda berhenti berhubungan seks.

Treatment

Ada banyak cara untuk mengatasi perubahan libido akibat menopause.

1. Terapi penggantian hormon (HRT)

Salah satu caranya adalah dengan mengobati perubahan hormon yang mendasarinya dengan terapi hormon (HRT). Pil estrogen dapat membantu mengurangi kekeringan pada vagina dan atrofi vagina dengan mengganti hormon yang tidak lagi diproduksi oleh tubuh Anda. Ada potensi risiko serius dari terapi estrogen, termasuk pembekuan darah, serangan jantung, dan kanker payudara. Jika Anda hanya memiliki gejala vagina, krim estrogen atau cincin vagina mungkin merupakan pilihan yang lebih baik untuk Anda.

Ada juga beberapa bukti bahwa testosteron dosis sedang dapat membantu wanita yang mengalami menopause meningkatkan libido mereka. Terapi testosteron juga memiliki potensi efek samping negatif, termasuk risiko kolesterol lebih tinggi dan peningkatan pertumbuhan rambut dan jerawat.

2. Pelumas

Pelumas seperti K-Y Jelly atau Astroglide dapat meredakan kekeringan pada vagina dan membantu membuat seks lebih nyaman. Itu dapat membantu meningkatkan libido Anda jika rasa sakit atau ketidaknyamanan selama hubungan seksual mempengaruhi libido Anda.

3. Latihan

Olahraga tidak hanya membantu memerangi penambahan berat badan, tetapi juga dapat meningkatkan mood Anda. Itu karena olahraga melepaskan endorfin, yang dapat mengurangi stres dan memicu emosi positif.

Jika Anda baru berolahraga atau sudah lama tidak berolahraga, mulailah dengan perlahan dan berusahalah untuk berolahraga setidaknya selama 30 menit sehari. Pada awalnya, itu mungkin berarti berolahraga selama 10 menit sehari sampai Anda membangun daya tahan Anda.

Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk mencoba aktivitas yang selalu Anda minati tetapi belum pernah Anda coba sebelumnya. Intinya adalah melakukan sesuatu yang Anda sukai sehingga olahraga tidak terasa seperti pekerjaan.

4. Berkomunikasi dengan pasangan Anda

Hilangnya libido selama menopause seringkali disebabkan oleh gejala fisik, tetapi merasa lebih terhubung dengan pasangan Anda juga dapat membantu Anda mendapatkan mood untuk berhubungan seks. Jaga agar jalur komunikasi tetap terbuka dan jujurlah tentang hubungan Anda dan apa yang Anda alami, baik secara fisik maupun mental.

5. Fokus pada keintiman

Seks bukan satu-satunya cara untuk merasa dekat dengan pasangan. Berciuman, membelai, dan tindakan keintiman nonseksual lainnya sebenarnya dapat membantu meningkatkan gairah seks Anda dengan menciptakan ikatan antara Anda dan pasangan.

6. Senam kegel

Latihan kegel dapat membantu mengencangkan otot panggul dan meningkatkan sensasi saat berhubungan seks. Untuk melakukan latihan ini, pertama-tama Anda harus menemukan otot yang benar. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan berhenti buang air kecil di tengah jalan. Otot yang Anda aktifkan adalah otot dasar panggul Anda.

Untuk melakukan Kegel:

  • Kontraksikan otot dasar panggul Anda dan tahan kontraksi selama lima detik. Kemudian lepaskan perlahan selama lima detik.
  • Berusahalah untuk mengulangi gerakan ini 10 kali, 3 kali sehari.

7. Terapi

Terapi, baik sendiri maupun dengan pasangan Anda, dapat membantu Anda mengelola beberapa gejala suasana hati menopause dan memahami bagaimana mengelola penurunan libido.

Hilangnya libido selama menopause umumnya disebabkan oleh penurunan kadar hormon. Selama dan setelah menopause, produksi hormon turun ke tingkat yang sangat rendah. Ini berarti bahwa beberapa gejala, seperti kekeringan pada vagina, mungkin tidak akan membaik tanpa pengobatan. Gejala lain yang menyebabkan hilangnya libido, seperti keringat malam, pada akhirnya akan hilang bagi kebanyakan wanita. Ada perawatan yang dapat membantu sebagian besar penyebab penurunan gairah seks selama menopause.