SOP MEDIS/DOKTER

Dasar Hukum: Undang – undang No 29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran

                        Undang – undang No 8 Tahun 1999 Tentang Konsumen

SOP

Pasien melakukan pemesanan Online
Admin Homker melakukan registrasi pasien
Dokter dan Pasien melakukan komunikasi Online untuk menentukan konsultasi Via Chatting dan menentukan kesepakatan kunjungan di lokasi (rumah/Posisi pasien)
Team visite Homker bisa mandiri dan atau bersama profesi lain yang sepaket layanan sesuai kompetensi masing-masing.
Pemeriksaan dan tindakan layanan Homker harus mendapat persetujuan dahulu dari pasien/  Wali pasien (Inform concen ) kecuali kedaruratan sebagai tindakan penyelamatan jiwa yang diatur sesuai ketentuan yang berlaku.
Tenaga medis/tim melakukan pemeriksaan dan tindakan medis / sesuai kompetensinya.
Hasil diagnosis, pemeriksaan dan tindakan harus  masuk medical record pasien melalui Admin.
Pasien /wali pasien melakukan pembayaran sesuai layanan yang telah di terima.
Layanan Homker selesai dan provider Homker melakukan pemantauan sampai berakhirnya seluruh proses layanan. Selesai.

  1. Pemesanan
  2. Entry data/record
  3. Selesai (layanan dan Administrasinya)

SOP ANALIS

Dasar Hukum : Undang – undang No 36 Tahun 2014 Tentang Kesehatan

SOP

Pasien melakukan pemesanan Online
Admin Homker melakukan registrasi pasien
Analis dan Pasien melakukan komunikasi Online Konsultasi terbatas, rencana pengambilan sampel rujukan medis (bila perlu),rujukan laboratorium.
Analis melakukan home visite ke pasien dan pengambilan sampel :

  • Pengambilan sampel
  • Konsultasi
  • Penyerahaan hasil laboratorium
  • Rujukan medis
  • Rekomendasi terkait hasil uji laboratorium
  • Paket pemeriksaan rutin tiap 6 bulan untuk pasien usia > 40 th
  • Paket pemeriksaan diet kolaborasi Gizi
  • Penyampaian hasil

Medis –diagnosis terapi
Apoteker—validasi terapi pengobatan pasien

Hasil pemeriksaan uji sampel di entry di data base Homker.
Pasien melakukan pembayaran sesuai pemeriksaan laboratorium yang di terima.
Layanan Analis selesai dan provider Homker wajib melakukan pemantaunan sampai berakhirnya seluruh proses layanan selesai.

NB : MOU dengan laboratorium (labkesda)
Prodia, Paramitha, Cito, dll.


SOP BIDAN

Dasar Hukum: Undang – undang No 36 Tahun 2014 Tentang Kesehatan
Undang – undang No 4 Tahun 2019 Tentang Kebidanan

SOP

Pasien melakukan pemesanan Online
Admin Homker melakukan regristrasi pasien.
Bidan dan pasien melakukan komunikasi Online konsultasi terbatas, rencana tindakan asuhan Kebidanan rujukan medis (bila perlu) kebutuhan obat dan BMHP baik apoteker.
Bidan melakukan home visit ke pasien dan melakukan praktek asuhan kebidanan.

Konsultasi kebidanan
Pemeriksaan kehamilan
Persalinan (kolaborasi atau rujukan)
Asuhan kebidanan pasca persalinan
Pemasangan kotraspsi (kolaborasi/rujukan)

Hasil layanan kebidanan dan obat serta BMHP dientry di data base HOMKER
Pasien melakukan pelayanan sesuai layanan kebidanan yg diterima.
Layanan HOMKER selesai dan proveder HOMKER wajib melakukan pemantauan sampai berakhirnya seluruh proses layanan selesai.

NB :   Pelayanan yang tidak di entry dan atau tidak sesuai prosedur ataupun melampaui kewenangan tidak akan mendapat perlindungan hukum bila terjadi komplain dan mendapat sanksi administrratif.



SOP NUTRISIONST

Dasar Hukum: Undang – undang No 36 Tahun 2014 Tentang Kesehatan

SOP

Pasien melakukan pemesanan Online Homker
Admin Homker melakukan registrasi pasien
Nutrisionist dan pasien melakukan komunikasi Online, konsultasi gizi terbatas, rujukan medis rekomendasi Apoteker untuk terapi.
Nutrisionist / Ahli Gizi melakukan home visite ke pasien

Konsultasi gizi
Pendampingan nutrisi klinis
Paket diet
Pendampingan tumbuh kembang anak (nutrisi seimbang)
Nutrisi

Hasil pelayanan di entry di data base Homker
Pasien melakukan pembayaran sesuai layanan gizi yang diterima.
Layanan Homker selesai dan provider Homker wajib melakukan pemantauan sampai berakhirnya seluruh proses layanan selesai.

NB : Perlu – MOU dengan kantin sehat
MOU produsen makanan/minuman wajib mencantumkan nilai gizi.

          Acc. Nutrisiont


SOP APOTEKER

DASAR HUKUM: Peratutran Pemerintah No 51 Tahun 2009 Tentang Kefarmasian
Undang – undang No 8 Tahun 1999 Tentang Konsumen

SOP

Pasien melakukan pemesanan Online
Admin Homker melakukan registrasi pasien
Apoteker dan pasien melakukan komunikasi online bisa komunikasi terbatas, order obat bebas/ bebas terbatas. Rujukan medis untuk obat keras dan menentukan waktu kunjungan ke rumah /lokasi.
Apoteker melakukan home visite ke pasien dan melakukan pelayanan kefarmasian.

Konsultasi obat
Farmasi klinik ( data lab klinik)
Penyerahan  obat
Pemantauan efek terapi/efek samping sampai terapi selesai
Pemantauan status akhir pengobatan
Interaksi obat
Menawarkan paket obat Homker mandiri
Nutrisi pendukung dan penghambat terapi.

Hasil layanan kefarmasian dimasukan / etry data base Homker (layanan 1,2,3 )
Pasien /costemer melakukan pembayaran sesuai layanan dan produk farmasi yang diterima.
Layanan Homker selesai dan provider Homker melakukan pemantauan sampai berakhirnya seluruh proses layanan selesai.


SOP SANITARIAN

DASAR HUKUM: Undang – undang No 36 Tahun 2014 Tentang Kesehatan

SOP

Pasien melakukan pemesanan Online
Admin Homker melakukan registrasi pasien
Sanitarian  dan Costumer komunikasi Online penyampaian kondisi higiene sanitarian, person/ruang/ lingkungan
Sanitarian /kesling melakukan home visite ke costumer

Konsultasi hygiene sanitasi
Observasi objek (person, ruang/alat)
Uji petik/usap/sampel objek
Treatment pembersihan dan atau sterilisari
Uji petik hasil treatmet
Uji hasil treatment telah sesuai dengan standart bersih dan sreril sesuai ketentuan.

Hasil uji petik sebelum dan sesudah treatment di entry di data base homker.
Costumer melakukan pelayanan sesuai dengan jasa yang telah diterima
Layanan sanitarian selesai.


SOP ATEM

DASAR HUKUM: Undang – undang No 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan
Undang – undang No 36 Tahun 2014 Tentang Kesehatan

SOP

Pasien melakukan pemesanan Online
Admin Homker melakukan registrasi pasien
Tenaga ATEM melakukan komunikasi Online dengan costemer berupa konsultasi, order alkes dan menyepakati jadwal waktu kunjungan.
Tenaga Atem melakukan home visite ke costemer dengan pelayanan.

Jasa pelatihan alkes sederhana
Jasa maintenen alkes
Jasa kalibrasi alkes ( kolaborasi/MOU dengan lelangan kalibarsi)
Jasa peminjaman alkes ke pasien (MOU dengan PaK)Paket
Jasa penjualan alkes (MOU dengan PAK)

Hasil layanan jasa dan atau penjualan Alkes di entry ke data base Homker.
Costomer/pasien melakukan pembayaran sesuai layanan yang diterima.
Layanan Alkes selesai dan tetap melakukan pemantauan sesuai kesepakatan yang disetujui kedua belah pihak.


SOP PERAWAT

DASAR HUKUM: Undang – undang No 28 Tahun 2014 Tentang Keperawatan
Undang – undang No 36 Tahun 2014 Tentang Kesehatan

SOP

Pasien melakukan pemesanan Online
Admin Homker melakukan registrasi pasien
Perawat dan pasien melakukan komunikasi Online/asuhan konsultasi terbatas,rencana tindakan/keperawatan rujukan medis, kebutuhan BMHP dan obat link Apoteker, rujukan medis untuk tindakan kolaborasi (kitan/sunat)
Perawat melakukan home visite ke pasien dan melakukan layanan keperawatan.

Tanda tangan infrom concen persetujuan pasien
Perawatan luka
Perawatan pasca operasi
Perawatan geniatri/manula
Perawatan pasien kronis
Perawatan lainnya sesuai kompentensi.

Hasil layanan keperawatan dan BMHP di entry di data base HOMKER
Pasien/costomer melakukan pembayaran sesuai layanan keperawatan yang di terima.
Layanan HOMKER selesai dan provide HOMKER melakukan pemantauan sampai berakhirnya seluruh proses paket layanan selesai.

NB :    Pelayanan yang tidak di entry dan tidak sesuai prosedur/melalui provider kewenangan tidak akan mendapat perlindungan hukum bila terjadi komplain dan mendapat sanksi administratif.


SOP THERAPIS

Dasar Hukum: Undang – undang No 36 Tahun 2014 Tentang Kesehatan

SOP

Pasien melakukan pemesanan Online
Admin Homker melakukan registrasi pasien
Therapist dan pasien melakukan komunikasi online untuk konsultasi via chatting dan melakukakan kesepakatan kunjungan ke rumah/ lokasi pasien.
Therapist melakukan kunjungan ke rumah dan melakukann pelayanan therapist.

Pelayanan therapist bisa dengan ramuan/tanpa ramuan obat tradisional yang dapat diperhitungkan termasuk layanan therapist secara keseluruhan.

Jenis layanan therapist ada modern,
Tradisional fisioterapi dan massage

Hasil layanana di entry di data base Homker
Customer melakukan pembayaran sesuai layanan yang diterima (termasuk ramuan tradisonal bila ada).
Layanan Homker selesai dan provider Homker wajib memantau atas hasil layanan yang diberikan.


SOP KECANTIKAN

Dasar Hukum: Undang – undang No 36 Tahun 2014 Tentang Kesehatan

SOP

Pasien melakukan pemesanan Online
Admin Homker melakukan registrasi Coustemer
Ahli kecantikan melakukan komunikasi online dengan costoer, konsultasi perawatan kecantikan rujukan medis bila perlu kolaborasi dengan apoteker untuk produk kecantikan yang terjamin mutunya.
Ahli kecantikan melakukan layanan kunjungan menyepakati jadwal kunjungan home visite yang meliputi.

Konsultasi kecantikan
Tindakan yang mengkondisikan di rumah
Tata rias dan busana (MOU dengan salon kecantikan )
Penjualan produk kosmetik terjamin mutunya.(kolaborasi dengan apoteker)
SPA dan massage consumen (Baby Spa)
Skin care (kolaborasi dengan dr kulit)

Hasil layananan di entry di data base Homker
Costomer melakukan pelayanan sesuai layanan yg diterima.
Layanan Homker selesai dan provedir Homker wajib melakukan pemantauan atas layanan yang diberikan.