“Kundalini” adalah istilah Sansekerta yang berarti “melingkar,” dan mengacu pada jenis meditasi tertentu yang diyakini memiliki kemampuan untuk sepenuhnya membangkitkan potensi kesadaran Anda.

Dalam meditasi Kundalini, Anda dapat bekerja untuk membangkitkan energi ini dan mencapai pencerahan melalui kombinasi teknik, termasuk:

  • napas dalam-dalam
  • mudra (gerakan tangan)
  • mantra (frasa)
  • gerakan fisik

Latihan-latihan ini dikatakan dapat membangkitkan energi yang tidak aktif dalam tubuh Anda dan memindahkannya di sepanjang chakra Anda (pusat energi) hingga mencapai titik pelepasan di chakra ketujuh (mahkota), kepala Anda. Pelepasan energi ini meningkatkan keseimbangan internal, kebangkitan, dan pencerahan.

Manfaat Meditasi Kundalini

Orang yang berlatih meditasi Kundalini melaporkan mengalami berbagai manfaat. Ini termasuk:

  • peningkatan perhatian dan kasih sayang
  • meningkatkan komunikasi dengan diri sendiri dan orang lain
  • inspirasi
  • pikiran yang jernih
  • rasa diri yang lebih berkembang
  • tujuan dan niat yang lebih besar dalam tindakan Anda

Beberapa manfaat ini didukung oleh penelitian yang meneliti yoga Kundalini, yang biasanya melibatkan meditasi Kundalini:

  • Mengurangi stres. Sebuah penelitian kecil pada tahun 2017 menunjukkan bahwa yoga Kundalini dapat menawarkan penghilang stres segera. Para penulis menambahkan bahwa meditasi Kundalini mungkin bermanfaat untuk kondisi yang terkait dengan stres tinggi, termasuk penyakit kardiovaskular dan insomnia.
  • Kecemasan berkurang. Sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa yoga Kundalini dapat mengurangi gejala gangguan kecemasan umum.
  • Peningkatan fungsi kognitif. Sebuah studi 2017 membandingkan yoga Kundalini dan pelatihan peningkatan memori sebagai pengobatan potensial untuk gangguan kognitif pada 81 orang dewasa yang lebih tua. Hasil menunjukkan bahwa sementara kedua intervensi tampaknya membantu meningkatkan memori, yoga Kundalini tampaknya membantu meningkatkan fungsi eksekutif juga.

Cara Melakukan Meditasi Kundalini

Dengan ribuan teknik yang bisa dipilih, meditasi Kundalini bisa menjadi sedikit rumit. Jika Anda ingin menggunakannya untuk mengatasi masalah tertentu, seorang guru dapat menawarkan panduan tentang teknik tertentu.

Meditasi Kundalini adalah pendekatan yang komprehensif, jadi jika Anda baru dalam meditasi, mungkin membantu untuk mencobanya terlebih dahulu dengan seorang praktisi atau mengikuti meditasi yang dipandu.

Namun, Anda dapat mencoba dasar-dasarnya sendiri:

  1. Berpakaian untuk kenyamanan. Mengenakan pakaian yang ringan dan longgar dapat membantu Anda merasa paling nyaman saat bermeditasi. Praktisi Kundalini sering menggunakan selendang atau kain lain untuk menutupi kepala mereka, karena ini diyakini dapat melindungi dan meningkatkan aliran energi.
  2. Mulailah dengan menyetel untuk masuk ke kerangka pikiran meditatif. Duduk tegak di kursi atau di lantai, jaga agar tulang belakang tetap lurus. Posisikan tangan Anda dalam pose berdoa dengan menekan kedua telapak tangan di dada. Tutup mata Anda tetapi tidak sepenuhnya — biarkan sedikit cahaya masuk.
  3. Fokus pada chakra mata ketiga. Banyak praktisi merasa terbantu untuk fokus pada mata ketiga mereka saat menyetel. Dengan tetap memejamkan mata, alihkan pandangan ke ruang di tengah dahi di antara alis.
  4. Gunakan mantra. Mantra, yang membantu mengarahkan fokus Anda, merupakan komponen penting dari meditasi Kundalini. Ini biasanya melibatkan mantra dalam Gurmukhi, bahasa India yang suci. Tapi jangan terlalu khawatir tentang memilih mantra yang tepat pada percobaan pertama Anda. Anda mungkin akan melihat hasil terbaik dengan mantra yang terasa tepat untuk Anda. Ucapkan dengan keras atau ulangi dalam hati, apa pun yang paling cocok untuk Anda.
  5. Mulailah fokus pada napas Anda. Tarik napas dan buang napas hanya melalui hidung, dengan fokus pada sensasi pernapasan. Kemudian, mulailah memperlambat napas Anda. Setiap tarikan dan embusan napas harus berlangsung selama 3 hingga 4 detik, jadi setiap napas harus berlangsung sekitar 8 detik. Perhatikan bagaimana napas Anda mengalir dan memberi energi pada tubuh Anda.
  6. Tambahkan mudra. Teknik Kundalini biasanya melibatkan penggunaan mudra, atau posisi tangan. Misalnya, jika Anda ingin mempromosikan kebijaksanaan, keterbukaan, dan ketenangan, cobalah mudra Gyan dengan menyentuhkan jari pertama ke ibu jari. Untuk meningkatkan kesabaran dan komitmen, cobalah mudra Shuni dengan menyentuhkan jari tengah ke ibu jari.
  7. Bagilah pernapasan Anda menjadi segmen-segmen yang sama. Alih-alih mengambil satu tarikan napas panjang selama 4 detik diikuti dengan embusan napas panjang, bagilah setiap tarikan dan embusan napas menjadi empat bagian. Dengan kata lain, tarik napas 4 kali, tanpa membuang napas di antaranya. Kemudian hembuskan napas dengan cara yang sama. Dengan setiap tarikan dan embusan napas, tarik pusar Anda (pusar) ke arah tulang belakang Anda.
  8. Kembalikan perhatian Anda pada napas Anda saat ia mengembara. Bahkan meditator jangka panjang tidak tetap fokus sepanjang waktu. Setiap kali Anda melihat kehilangan fokus, alihkan pikiran Anda kembali ke napas Anda. Jika ada pikiran yang mengembara, akui mereka dan biarkan mereka hanyut.
  9. Lanjutkan selama 3 hingga 5 menit. Jika Anda baru dalam meditasi, tidak perlu langsung melakukan latihan yang panjang. Biasanya disarankan untuk memulai dengan sesi yang lebih pendek dan meningkatkan durasi meditasi Anda saat Anda merasa lebih nyaman.
  10. Akhiri sesi Anda. Selesaikan meditasi Anda dengan napas lengkap yang dalam (tarik napas dan buang napas). Tarik napas sekali lagi saat Anda mengangkat tangan Anda sepenuhnya. Bersantailah saat Anda mengembuskan napas.

Kundalini adalah jenis meditasi untuk meningkatkan self-awareness atau kesadaran penuh. Meditasi ini mengacu pada kepercayaan kuno bahwa setiap manusia membawa energi dasar di tulang belakang. Meditasi kundalini berusaha membangkitkan, melepaskan, dan memanfaatkan energi dasar tersebut.